height='203' type='application/x-shockwave-flash' width='207'> >

Jumat, 12 Desember 2008

PLC

Apakah itu PLC...???


apakah kegunaan dan manfaat PLC... ????


apakah pertanyaan tersebut yang terlintas dibenak, ketika mendengar kata PLC. PLC atau Programmable Logic oontrol merupakan sebuah device yang sering digunakan dalam industri-industri. baik skala kecil-sedang-maupun dalam skala besar...


PLC di gunakan sebagai pengganti saklar-saklar konvensional yang dahulu sering dipakai dalam proses industri....


jadi singkatnya kita dapat mengganti saklar-saklar yang biasanya digunakan dalam proses industri dengan program yang kita masukkan ke PLC.


Karena PLC dapat di program maka dapat dengan mudah di gonta-ganti sesuai kebutuhan yang ada. dibandingkan dengan sistem saklar yang jika ada kesalahan dan penggantian sistem maka akan sangat susah dan memerlukan waktu dan biaya yang lebih besar untuk perbaikan dan pembuatan kembali. PLC di program menggunakan Diagram Ladder atau diagram tangga. karena menyerupai tangga. PLC di produksi oleh beberapa produsen. di antaranya adalah PLC omron, Zen dan lain sebagainya...


Dalam proses industri PLC digunakan pengendali alat-alat industri seperti konveyor, alat peracik, perakit(robot) dan lain sebagainya. masih banyak lagi manfaat PLC bagi industri.. 

Lebih detailnya dapat dilihat langsung  gambar berikut

Gambar diatas hanya salah satu contoh dari sekian banyak PLC.  PLC ini adalah PLC Omron Tipe CPM1A dengan masukan 12 dan keluaran 8 buah.


untuk informasi lebih lanjut dapat dikunjungi langsung ke :

www.omron.com

0 komentar:

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP