height='203' type='application/x-shockwave-flash' width='207'> >

Kamis, 18 Desember 2008

Mengatur Arah putar Motor DC (Dengan PLC dan Relay) # 1

Jika sebelumnya kita telah membahas mengenai PLC dan juga relay. maka selanjutnya kita akan menggunakan kedua perangkat tersebut untuk mengatur arah putar motor. 


Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatur arah gerak motor, yaitu dengan H bridge (menggunakan transistor) ataupun dengan IC untuk mengatur arah putar motor. Tapi disini saya hanya akan membahas tentang pengaturan arah putar motor menggunakan Relay.

Teorinya cukup simple. Kita hanya butuh mengubah polarisasi masukan motor. jika motor DC mempunyai masukan tegangan positif dan ground, maka dengan membalik letak tegangan arah putar motor akan berlawanan dengan arah putar motor yang sebelumnya. Mudahnya jika sebelumnya berputar kekiri maka jika  tegangan diubah(dari Ground ke positif dan sebaliknya) maka arah putar motor akan berputar ke kanan. 
Karena kita hanya tinggal mengubah arah polarisasi tegangan maka dengan menggunakan 2 buah Relay akan dapat dilakukan. sedangkan PLC bertugas untuk mengaktifkan Relay tersebut. untuk dapat melakukan hal tersebut maka kita butuh 2 buah relay 8 kaki. dan disusun seperti gambar di bawah ini.
gambar diatas merupakan gambar simbol relay sedangkan gambar relay yang sebenarnya adalah sebagai berikut :
Misal kita akan mengatur arah putar motor DC 9 volt, maka dengan susunan relay seperti diatas kita tinggal mengaktifkan salah satu relay ataupun kedua relay agar dapat membalik arah polarisasi tegangan.
untuk mengatur relay tersebut mengikuti logika sebagai berikut :
  • Jika Relay satu (R1) on maka motor akan on dan berputar ke arah kiri
  • Jika Kedua Relay (R1 dan R2) on maka motor akan off dan berputar ke kanan  
  • Jika Relay satu (R1) off maka motor akan mati.

Jadi dengan memainkan kedua relay tersebut arah putar motor dapat kita atur.  selanjutnya kita hubungkan tinggal menghubungkannya ke PLC.... 

bagaimana cara kita menghubungkan ke PLC ????

Next ....

0 komentar:

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP